-->

Tips Mencegah Mata Minus agar tidak bertambah

Tips Mencegah Mata Minus Bertambah - Penyakit mata minus bisa menyerang siapapun tanpa terkecuali anak-anak maupun dewasa, tak terkecuali anak yang masih Sekolah Dasar. Ini terjadi banyanya akibat dari produk modern semakin banyak di semua kalanagan masyarakat contohnya gadget, smartphone, LCD TV, laptop setra barang-barang lainnya yang bersifat elektronik.dari semuanya itu menggunakan cahaya yang begitu terang yang bisa menyilaukan dan bisa menyebabkan mata minus.

Tips Mencegah Mata Minus agar tidak bertambah

Pada awalnya semua teknologi memang bertujuan untuk bersaing dari segi visual atau gambar, namun tanpa di sadari efeknya yang tidak terasa, efek menimbulkan jutaan warna yang bercahaya silau bisa menyebabkan kerusakan pada kornea mata. Ketikaanda  sudah terbiasa dekat untuk melihatnya, ketika anda  menjauh penglihatan menjadi buram, terjadilah minus pada mata.


Mata Minus

Mata minus (Miopia) atau Rabun jauh adalah berkurangnya kemampuan mata untuk melihat jauh namun dapat melihat dekat dengan baik. Mata minus bisa terjadi karena lensa mata kita tidak bisa meneruskan sinar tetap di titik fokus mata, tetapi berada di depan titik fokus mata sehingga benda yang terlihat seperti buram.


Untuk membantu penglihatan anda kembali normal , biasanya para  dokter menyarankan untu menggunakan kacamata yang sesuai dengan ukuran minusnya yang dialaminya, semakin tinggi minus berarti makin besar juga rabun jauhnya. Tapi tidak semua orang merasa nyaman dengan penggunaan kacamata, untuk itu perlu alternatif yang lain selain penggunaan kacamata. Diantaranya yaitu pencegahan semakin bertambahnya minus pada mata dengan aturan dan tata-cara tertentu.


Hal lain yang bisa di jadikan penyebab utama mata minus adalah terlalu sering anda menonton televisi dengan jarak dekat, jarang bersentuhan kangsung dengan sinar matahari, konsumsi gula yang banyak , serta sering bekerja menggunakan komputer dengan monitor yang buruk pencayahaanya .Lalu bagaimanacara mencegah mata minus agar tidak terus bertambah ? Kami akan memberikan solusinya.

Tips Mencegah Mata Minus agar tidak bertambah

Salah seorang Dokter Ahli Mata  yang kami temui bernama Dr Virna menjelaskan pernyataan bahwa meski minus mata tidak bisa menurun , minusjuga  bisa tetap di atasi agar tidak semakin bertambah besar/parah. Mata minus tidak bisa dikontrol namun anda bisa mengonsumsi wortel atau vitamin A saja.

Sebaiknya pencegahan dilakukan dengan cara-cara berikut ini:

1. Rutin Cek kondisi Mata

Mencegah mata minus bertambah dengan cara anda rutin melakukan pemeriksaan ke dokter mata. walaupun anda tak merasakan adanya masalah yang terjadi pada mata masalah pada mata minus anda,lalu tiba-tiba ketika anda memakai kacamata minus anda akan merasa pusing, segera lepaskan  penggunaan kacamata tersebut dan cepat anda periksakan  kedokter.

2. Kurangi Pemakaian Kacamata

Hal utama ketika mata kita masih belum optomal 100% normal,untuk menerima sinar cahaya, seperti ketika anda terbangun dari tidur. biasakan langsung memakai kacamata minus saat baru melek, saraf-saraf pada mata semakin lama akibatnya akan tambah melemah. Sebaiknya setelah bangun tidur anda memberikan sedikit pijatan pada mata agar lebih rileks dan lebih baik ketika anda memakai kacamata setelah 20 menit dari bangun tidur agar otot-otot mata tidak terlalu tegang.

 3. Kurangi Melihat Monitor

Sebaiknya jika anda sering bermain komputer atau menonton TV di kurangi jarak anda menontonnya lebih dari 2,5 Meter dari jarak duduk anda, karena pada tv atau komputer memiliki radiasi yang tinggi yang akan meyebabkan mata minus anda bertambah.


Hal lain yang baik untuk anda terapkan guna mencegah bertambahnya minus pada mata diantaranya:

    Biasakan membaca, misalnya dengan jarak 40 sampai 45 cm dan dengan pencahayaan yang baik.
   Biasakan Istirahatkan sejenak  mata bila bekerja didepan komputer atau membaca terlalu lama.
    Perbanyak makan-makanan yang mengandung Vitamin A seperti Wortel.
    Tetap anda memakai kacamata yang sesuai atau memakai Lensa Kontak untuk koreksi Myopia ini.
    Membentengi tubuh dari penyakit yang mempengaruhi pada mata, seperti diabetes dan hipertensi.

Alhasil, yang paling penting anda  yaitu harus menghindari kegiatan-kegiatan yang dapat menyebabkan bertambahnya minus yang sudah ada. Mata minus dikatakan berat jika sudah di atas minus 3..


Karena mata minus tidak bisa disembuhkan total selain dengan jalan operasi, sebaiknya mencegah mata minus bagi orang yang masih memiliki mata normal, seperti menerapkan kebiasaan pola hidup sehat dapat menghindari hal yang menjadi penyebab minus pada mata. Semoga bermanfaat..

1 Response to "Tips Mencegah Mata Minus agar tidak bertambah"

  1. wah yang nomor 3 kayaknya gk bisa gan, hehehe, kerja nya di komputer soalnya..

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel