-->

Bagaimana Menghemat Baterai Smarphone Lebih lama

Bagaimana Menghemat Baterai Smarphone Lebih lama
Bagaimana Menghemat Baterai Smarphone Lebih lama - Bagi kamu yang sehari-hari menggunakan Smartphone dalam berbagai aktivitas yang di lakukan, dan jika smartphone kamu pasti akan merasa kesal, apabila baterai smartphone milik kamu cepat habis atau boros. Padahal masih banyak hal atau pekerjaan yang harus dilakukan dengan menggunakan smartphone tersebut. Misalnya mencari layanan transportasi melalui  sebuah aplikasi, bagaimana melihat rute jalan di peta, belanja online, atau browsing mengenai hal- hal yang lainnya.

Hal tersebut biasanya terjadi karena seringnya ponsel menggunakan smartphone kamu saat di Cas, telebih lagi jika menggunakan powerbank biasanya kamu masih asik browsing main game meskipun smartphone sedang terhubung dengan powerbank.ada baiknya jika kamu menginginkan agar Smarphone kamu cepat terisi penuh bagusnya smarphon di matikan. Dan inilah bebarapa cara untuk menghemat baterai pada smartphone android.

1. Gunakan Wallpaper Gelap

Apabila smartphone anda menggunakan layar AMOLED seperti hal-nya pada ponsel Samsung, coba gunakan wallpaper warna gelap. Karena, layar AMOLED hanya menerangi untuk piksel berwarna. Warna hitam diketahui mempunyai piksel gelap sehingga penerangan pada warna hitam akan sedikit.

2. Aktifkan Doze pada Android Marshmallow

Apabila smartphone Android anda sudah menggunakan sistem operasi marsmallow, dalam sistem operasi tersebut ada fitur yang bernama Doze fungsinya untuk memaksimalkan daya tahan pada baterai. Doze ini merupakan fitur tambahan pada marshmallow.

Jika Doze diaktifkan pada dasarnya ponsel anda akan masuk ke mode hibernasi, Apabila ponsel android anda tidak digunakan dalam waktu lama, Misalnya ketika anda tertidur ponsel android anda akan ikut tertidur dan hanya kehilangan baterai 3-5 % sepanjang malam.

3. Gunakan Aplikasi Greenify

Aplikasi ini tidak seperti aplikasi yang lainya, yang mengklaim dapat mengoptimalkan performa dan meningkatkan kinerja pada baterai.

Aplikasi Greenify bukan sekadar menawarkan klaim belaka. Namun aplikasi ini dapat berada dalam mode hibernasi atau sleep, jika ponsel tidak digunakan. Sehingga hal ini mampu mencegah adanya aktivtas aplikasi yang berjalan pada background.

Seperti yang telah diketagui bahwa background layar depan yang hidup merupakan penyebab borosnya baterai anda maka dari itu pakailah aplikasi greenify ini untuk menghentikan aplikasi yang bermain dibelakang layar.
Baca Juga Cara Menutup Aplikasi Android Yang Berjalan di Latar Belakang
4. Jangan Menggunakan Auto Brightness

Sebaiknya jangan menggunakan auto brightness. Meskipun auto brightness lumayan berguna, tampilan pada layar yang diatur dengan menggunakan pengaturan auto brightness lebih terang dibandingkan dengan kebutuhan.

Maka dari itu, aturlah brightness atau tingkat kecerahan secara manual, hal ini akan lebih hemat baterai untuk ponsel anda. Casa ini merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kinerja baterai pada ponsel android anda, karena layar adalah salah satu yang membuat baterai anda cepat habis.

5. Atur Screen Timeout Lebih Singkat

Cara yang dilakukan untuk menghemat baterai yang lainya adalah dengan mengatur screen timeout atau batas waktu aktif layar menjadi lebih singkat. Contohnya, apabila ponsel layar anda akan nonaktif setelah satu menit maka ubahlah menjadi tiga puluh detik

Caranya, masuk ke 'Setting' lalu pilih 'Display' terus pilih 'Screen timeout' dan atur waktu yang lebih seingkat, contohnya 30 menjadi 15 detik.

6. Nonaktifkan Fitur Smart

Menonaktifkan fitur smart pada smartphone android Anda akan menghemat masa pemakaian baterai. Contohnya, fitur smart air gesture dan smart scrolling yang berada pada ponsel Samsung.

7. Nonaktifkan Notifikasi Getar

Penggunaan getar pada smartphone android menjadi salah satu hal yang dapat membuat baterai cepat habis (Boros). Untuk itu nonaktifka atau matikan notifikasi getar untuk panggilan masuk atau yang lainya. Tanda getar ini rupanya lebih boros dibandingkan dengan notifikasi dering.

8. Gunakan Notifikasi Lock Screen

Notifikasi lock screen juga dapat menghemat baterai ponsel android anda, terutama jika layar smartphone android anda berjenis layar AMOLED. Karena, anda dapat melihat notifikasi dalam sekali sentuh tanpa harus menyalakan seluruh layar ponsel Anda. Notifikasi Lock screen biasanya berada pada smartphone Android yang memakai sistem operasi Lollipop.
Baca Juga Cara Menghemat Memori RAM Pada Smartphone Android
9. Gunakan Baterai Original

Apabila baterai anda ingin lebih hemat, jangan pernah menggunakan baterai nonoriginal atau sering disebut baterai lokal, pastikan ponsel android anda menggunakan baterai original.

10. Masuk Ke Mode 'Do Not Disturb' Atau 'Sleep'

Pastikan ponsel anda telah mengatur waktu 'sleep' dan menonaktifkan jaringan Wi-Fi apabila tidak memerlukannya.

Itulah cara menghemat baterai pada smartphone Android, semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semuanya

Sumber : Smartphones10.com

0 Response to "Bagaimana Menghemat Baterai Smarphone Lebih lama"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel