-->

Cara mengobati Luka memar bisa di laukan di rumah

Cara mengobati Luka memar bisa di laukan di rumah - Luka memar atau yang di sebut lebam di sebagian daerah yang biasanya umum terjadi, terutaam terjadi pada anak-anak ketika sedang bermain di sekitar lingkunyannya.terjadinya luka memar biasanya terjadi akibat terjatuh ataupun adanya benturan dengan benda keras ,sehingga menyebabkan pecahnya pembuluh darah kecil (kapiler).bukan hanya terjadinya perubahan pada kulit warna anak-anak, jika terjadi pada anak anda pastinya akan mengalami rasa sakit bila di sentuh.anda harur mengenali bagaimanacara mengobati luka memar yang bisa di lakukan di rumah.

Cara mengobati Luka memar bisa di laukan di rumah
Selain terjadi karena terjatuh, terpeleset ataupun terbentur benda keras, luka lebam bisa di sebabkan aktivitas fisik atau melakukan olahraga yang terlalu berat,ataupun karena keseleo.
pada umumnya luka memar ringan terjadi akibat terbentur benda cukup keras hingga proses penghilangan luka memerlukan waktu 2-3 minggu, Namun di beberapa kasus yang terjadi luka memar memerlukan proses penyembuhan yang lebih lama dari keadaan normalnya.

Perubahan Luka memar yang terjadi

Proses cepat maupun lambatnya proses penyembuhan luka tergantung dari seberapa parahnya benturan yang di alami dan dimana letak benturan itu terjadi.Berikut adalah beberp tahapan perubahan kulit bila terjadi luka memar yang bisa menjadikan proses penyembuhan luka.
Merah
Setelah terjadinya benturan bisanya kult akan menjadi merah, dan anda akan mengalami sedikit bengkak pada area yang mengalami benturan ataupun terjatuh, dan akan sedikit nyeri bila di sentuh.
Kebiru-biruan
Jika terjadi memar kulang lebih 2 hari akan menampakan warna kulit keburu-biruan atau warna agak gelap di area memar.mengakibatkan Hemoglobin yang awalnya berwarna merah akan menjadi warna biru
Hijau pucat
menasuki hari ke 6 pada kulit yang mangalami memar akan menjadi kehijau-hijauan hal tersebut menandakan bahwa hemoglobin yang ada pada dara mulai terurai dan sedang mengalami proses penyembuhan.
Kuning kecoklatan
setelah memasuki hari ke 7 luka yang awalnya hijau pucat secara perlahan akan semakin terang yaitu kuning pucat atau coklat muda. tahap ini merupakan tahapan terakhir dari proser penyembuhan kulit yang terjadi bila anda mengalami luka memar atau lebam. Lukamemar tidak akan berubah warna lagi melainkan akan menghilang secara perlahan akan menyesuaikan warna kuli sebelum mengalami luka lebam.

Perlu diingat, luka memar yang terasa sakit saat disentuh, semakin membesar, terasa nyeri dan tidak kunjung sembuh, memar yang muncul setelah mengonsumsi obat pengencer darah, memar yang muncul tanpa adanya cedera fisik, atau sering muncul tanpa sebab yang jelas, adalah kondisi yang perlu diwaspadai. Karena itu, Anda disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter apabila mengalaminya.

Cara Mengobati Luka Memar

Meskipun luka memar atau lebam akan hilang dengan sendirinya, namun Anda bisa mempercepat proses penyembuhan luka memar dengan melakukan hal-hal berikut ini:

Kompres dengan es
Kompres bagian tubuh yang terbentur dengan es. Suhu dingin akan meredakan proses pembengkakan dan peradangan. Selain itu, es juga membantu meminimalkan jumlah darah yang keluar dari pembuluh darah kecil ke jaringan sekitar. Hindari menempelkan langsung es ke kulit, disarankan untuk membungkus es dengan handuk terlebih dahulu. Lalu, kompres luka memar selama 20 sampai 30 menit.
Angkat bagian tubuh yang mengalami memar
Setelah luka memar terjadi, cobalah untuk memposisikan bagian tubuh yang memar lebih tinggi dari dada. Misalnya, bila memar terjadi di kaki, duduk atau tidurlah dengan menyangga area memar dengan bantal. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi aliran darah ke area yang memar sehingga meredakan pembengkakan.
Kompres air hangat
Setelah sekitar dua hari mengompres memar dengan es, ganti dengan kompres air hangat. Suhu panas dapat memperlancar aliran darah, sekaligus mempercepat perubahan warna kulit kambali seperti semula. Gunakan kain yang sudah direndam air hangat. Lalu, kompres bagian tubuh yang mengalami luka memar selama 10 menit. Lakukan ini dua sampai tiga kali sehari secara rutin.
Heparin sodium
Selain cara-cara tersebut, Anda juga bisa mempercepat proses penyembuhan lebam atau memar dengan menggunakan obat oles dalam bentuk salep ataupun gel yang mengandung heparin. Heparin bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.Efek samping penggunaan obat ini umumnya minimal dan jarang terjadi, namun terkadang dapat menimbulkan alergi. Perlu diingat, heparin gel tidak dianjurkan untuk dipakai pada luka terbuka dan pada anak berusia di bawah 5 tahun. Jangan sepelekan luka dalam, pastikan untuk menyiapkan heparin gel pada kotak P3K Anda dan pilihlah yang telah bersertifikasi BPOM. Perlu Anda ketahui pula, kini sudah tersedia produk mengandung heparin yang halal.
Pada umumnya, luka memar akan hilang dengan sendirinya. Namun bila Anda merasa tidak nyaman dengan kondisi tersebut, Anda bisa melakukan cara-cara di atas untuk mempercepat proses pemulihan dan pengobatan luka memar. Bila kondisi luka memar tidak hilang dalam beberapa minggu, segeralah periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


Sumber : Alodokter.com

1 Response to "Cara mengobati Luka memar bisa di laukan di rumah"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel