-->

Pentingnya Serat Bagi Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Serat Bagi Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Serat Bagi Tumbuh Kembang Anak
Pentingnya Serat Bagi Tumbuh Kembang Anak
Bagi Ibu pastinya semuanya menginginkan anaknya sehat dan berkembang normal seperti yang lainnya dengan gerakan aktiv setat dan pastinya tidak mudah terjangkit berbagai penyakit, dan berat badan agar tidak di bilang busung lapar atau gizi buruk dan hal yang lainnya .
Tahukah bagi para Ibu, Ternyata melihat dari kesehatan Anak bisa dalam pencernaannya?

Salah satu yang merupakan cara uang umumnya di lakukan oleh para Ibu Untuk buah hatinya adalah dengan memberikan asupan makanan yang cukup serat sayuran ataupun buah-buahan.

Manfaat  dari Makanan yang Serat yangmenyehgatkan bagi Anak

Buah Hati yang di berikan asupan berserat tinggi akan membantu proses metabolisme tubuh, diantaranya dengan cara menormalkan gerakan usus pada anak, membantu menjaga kesehatan usus, menjaga kualitas tinja dan mempermudah proses buang air besar, hal-hal tersebut membantu Si Kecil memenuhi kebutuhan nutrisi harian, serta memungkinkannya mencapai berat badan yang sehat. Hal ini bukan hanya akan menjaga kesehatan saluran cernanya, namun juga meningkatkan daya tahan tubuhnya, sehingga mendukung tumbuh kembang Si Kecil secara optimal.

Sumber Serat yang Baik untuk Anak

Meski serat memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, namun seringkali anak-anak tidak berselera untuk mengonsumsi makanan yang mengandung serat, baik karena bentuk atau rasanya yang kurang menarik untuk kebanyakan anak-anak. Padahal, banyak makanan lezat yang merupakan sumber serat, seperti yang berasal dari buah-buahan hingga sereal gandum.

Berikut ini beberapa sumber serat yang baik  untuk Anak diantaranya :
Kacang-kacangan.
Buah-buahan beri.
Roti dan sereal gandum.
Buah-buahan seperti apel, jeruk, pisang, plum, dan pir.
Kacang-kacangan seperti kacang polong, kacang hijau, kacang almond.
Sayur-sayuran seperti wortel, brokoli, dan kentang.

Adapun takaran serat yang dianjurkan untuk anak-anak dari Permenkes No. 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi yang dianjurkan, yaitu untuk usia 1 hingga 3 tahun untuk mengonsumsi serat sekitar 16 gram per hari, dan usia 4 hingga 6 tahun sekitar 22 gram. Artinya Ibu bisa memberikan sekitar 2-3 cangkir buah atau sayuran per hari untuk Si Kecil.

Pastikan Ibu memenuhi kebutuhan serat harian Si Kecil, yang diberikan sesuai dengan kebutuhannya. Selain itu, lengkapi pula dengan asupan nutrisi tambahan lainnya seperti vitamin dan susu pertumbuhan yang mengandung serat vitamin dan mineral yang dibutuhkan Si Kecil untuk mendukung kesehatan pencernaan, daya tahan tubuh, serta tumbuh kembangnya. Konsultasikan dengan dokter untuk informasi lebih lengkap terkait nutrisi Si Kecil.

0 Response to "Pentingnya Serat Bagi Tumbuh Kembang Anak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel